Kisah Cinta antara Amahai Negeri Lou Nusa Maatita dengan Nusa Cendana

Joshua Phasa

Secara etimologi kata Amahai terdiri dari dua suku kata yaitu: Ama dan Maha. Ama yang artinya Bapak dan Mahai yang artinya hidup. Negeri Amahai terletak di pulau Seram bagian selatan pesisir pulau itu. Pulau Seram adalah sebuah pulau yang terbesar di anatara pulau-pulau yang terdapat di kepulauaan Maluku ini.
Secara geografis Amahai terletak dalam sebuah teluk yang sangat indah, di peluk oleh dua buah tanjung yang mengajur ke laut, masing-masing tanjung Kuako dan tanjung Umuputi.  Letak geografis seperti ini, membuat desa/negeri Amahai merupakan sebuah negeri yang terlindung dalam sebuah teluk yang permai dengan dilatarbelakangi oleh sebuah gunung yang bernama gunung Kerai. Amahai merupakan pintu gerbang dan pelabuhan bagi kota masohi ibu kota kabupaten daerah tingkat II Maluku tengah.

Itulah sekilas informasi Negeri Amahai nan Indah, tempat kelahiran sang Kekasihku. Sekali pun belum pernah menjejakkan kaki di negeri impian ini, namun menurut hematku negeri ini pasti indah dan mempesona oleh panorama alam dan budaya para penduduknya yang ramah lagi bersahabat. Ini bukan kesimpulan semata, tetapi berdasarkan pengenalan dan persahabatanku dengannya. Dia membawa pesan yang sangat banyak mengenai Negeri Amahai, sekali pun itu tidak dituturkan dalam bahasa verbal, namun pesan itu jelas terbaca dalam budi dan lakunya. Semoga pengamatannya pun secermat yang kusaksikan, karena bagaimana pun juga, tentunya ada pesan yang turut kusampaikan kepadanya mengenai kemolekan Pulau Sumba, Pulau Cendana, Pulaunya Kuda Sandlewood tempat para Umbu (Pria) dan Rambu (Perempuan) membesarkan putra-putrinya yang tak kalah ramah dan baiknya kepada siapa pun juga.

Nusa Cendana dan Pulau Amahai Negeri Lou Nusa Maatita sebutan untuk Negeri Amahai di Pulau Seram, masing-masing memiliki ciri khas. Pulau Sumba terkenal dengan harumnya Kayu Cendana yang khas dan kokohnya derap langkah Kuda Sandlewood, demikian juga Pulau Masohi tempat warga Amahai bertumpuh terkenal sebagai Surga yang Tersembunyi oleh keindahan Panorama alam yang tetap Perawan hingga kini. Ingin rasanya menyatukan dua pulau ini. Namun akankah keduanya dapat dipersatukan? Tuhan yang Mahatahu, Dia yang tahu cara menyatukannya. Aku merindukan bilamana saat itu tiba, ketika wangi cendana semerbak memenuhi hutan Sersa Muoni tempat bersejarah di negeri itu dan melatih lemparan lembing dari atas Sandlewood untuk Pasola di tepian Pantai Kuako yang terkenal itu. Semua jawaban hanya ada pada Sang Khalik, namun harapan dan doa adalah milik insan yang diciptakanNya. Semoga jawaban atas doa dan harapanku seturut dengan RancanganNya yang Agung, sehingga kisah ini berakahir dengan adanya Pela Gandong antara Negeri Cendana dengan Negeri Lou Nusa Maatita.

<Masoh>i, <Amahai, Pulau Sumba, Nusa Cendana, Kisah Cinta, Maluku,><br>

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu N1, N2, N3, PM1?

Kumpulan Renungan Pribadi dlm Kitab Mazmur

WASPADAH TERHADAP SIKAP HIDUP AHLI TAURAT