~~CINTA KASIH ITU BUKAN SEKEDAR KONSEP SEMATA~~

Joshua Phasa

Katakanlah hari ini apa yang hendak engkau katakan dan lakukan hari ini jika memang engkau bisa lakukan hari ini. Jangan pernah menunda untuk melakukan sesuatu yang baik jika memang bisa dilakukan hari ini sebelum datang penyesalan. Jika engkau mencintai seseorang maka katakanlah pada hari ini jangan tunggu sampai besok, karena kita tidak pernah tahu apakah hari esok ia sempat mendengarkan perasaanmu. Jika hendak meminta maaf kepada seseorang, minta maaflah hari ini, karena siapa yang jamin bahwa maafmu bisa didengarkan olehnya pada esok hari. Oleh karena itu dengan penuh kasih kusampaikan kepada teman-temanku sekalian bahwa kita hidup di dunia ini cuma sekali dan dalam hidup yang cuma sekali ini Allah menciptakan kita dengan suatu tujuan yakni untuk KemuliaanNya. Namun oleh karena Dosa maka setia mahkluk mengusakan kepentingannya sendiri dan tidak lagi menghormati Allah PenciptaNya. Tetapi Allah berkuasa atas Dosa, oleh karena itu Ia pasti mengalahkan kuasa Dosa.

Maka cara Ia mengalahkan Dosa adalah dengan datang secara langsung mengambil rupa sebagai manusia yaitu yang kita kenal namaNya Tuhan Yesus Kristus yang pada mulanya adalah Firman dan Firman itu telah menjadi manusia karena yang diselamatkanNya adalah manusia. Ia datang untuk menggantikan manusia dari penghukuman karena Dosa, itulah sebabnya setelah Ia mengajarkan banyak hal mengenai DiriNya dan tujuanNya datang ke dalam dunia dalam wujud manusia maka Ia pun menggenapi perkataanNya bahwa Ia harus mati, dimana melalui kematianNya Ia menanggung Dosa umatNya sehingga setiap orang yang percaya kepadaNya serta hidup menurut pengajaranNya memperoleh Keselamatan. Memang bagi pertimbangan akal manusia ini tidak masuk akal, ya memang ini tidak masuk akal karena hal ini melampaui akal manusia. Siapakah manusia yang dapat mengerti secara sempurna rencana dan cara kerja Allah?

Namun satu hal yang saya dapat katakan oleh karena FirmanNya mengajarkan demikian, bahwa Allah melakukan semuanya ini berdasarkan KasihNya, dan Ia adalah Pencipta manusia. Bagaimana Ia mengajarkan tentang Kasih jika Kasih itu tidak ditunjukkanNya? Allah tidak mengajarkan konsep tetang Kasih tetapi Allah mempraktikkan bagaimana cara mengasihi. Selain itu Allah juga Maha Adil, oleh karena Ia adil maka Ia tidak kompromi dengan Dosa, setiap orang yang berdosa harus dihukum. Oleh karena dua hal inilah maka dalam KemahabijaksaanNya Ia melakukannya dengan caraNya sendiri, dimana Ia mengorban DiriNya dengan mati di atas Kayu Palang untuk menggantikan manusia. Pada saat yang sama juga Ia membuktikan keadilanNya dengan tersiksanya tubuh, ketika menerima tajamnya cambuk duri dan pedihnya paku dan tombak yang menembus dagingnya lalu mati dengan kehinaan di atas Kayu Palang. Semuanya itu karena kasihNya dan keadilanNya. Lalu dengan cara apakah engkau mengenal Allah sang penciptamu? Saat ini kukatakan kepadamu Sobatku, janganlah ragu untuk mengikutiNya, janganlah ragu untuk percaya kepadaNya karena sesungguhnya dalam Tuhan Yesus lah kita dapat mengenal Allah itu secara sempurna karena segala kesempurnaan Allah dapat kita lihat dan temukan dalam apa yang dikatakan dan dilakukan oleh Tuhan Yesus. Selamat malam dan selamat merenungkan pesan-pesan dalam catatan ini. Kiranya Allah yang berdaulat atas hidup kita menolong kita untuk mengerti rahasia ini.

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu N1, N2, N3, PM1?

Kumpulan Renungan Pribadi dlm Kitab Mazmur

WASPADAH TERHADAP SIKAP HIDUP AHLI TAURAT