Puisi

YOU CALL ME THE LORD, BUT YOU DON’T SERVE ME
YOU CALL ME THE TRUTH, BUT YOU DON’T BELIEVE ME
YOU CALL ME THE WAY, BUT YOU DON’T FOLLOW ME
YOU CALL ME THE TEACHER, BUT YOU DON’T LISTEN ME
YOU CALL ME THE LIGHT, BUT YOU DON’T SEE ME

DON’T BE SURPRISE IF ONE DAY I DON’T KNOW YOU.

TREE OF HOPE
WHEN IN SORROW, CALL JOHN 14.
WHEN MEN FAIL YOU, CALL PSALM 27.
IF YOU WANT TO BE FRUITFUL, CALL JOHN 15.
WHEN YOU HAVE SINNED, CALL PSALM 51.
WHEN YOU WORRY, CALL MATTHEW 6:19-34.
WHEN YOU ARE IN DANGER, CALL PSALM 91.
WHEN GOD SEEMS FAR AWAY, CALL PSALM 139.
WHEN YOUR FAITH NEED STIRRING, CALL HEBREWS 11.
WHEN YOU ARE LONELY AND FEARFUL, CALL PSALM 23.
WHEN YOU ARE GROW BITTER AND CRITICAL, CALL 1 COR.13.
FOR PAUL’S SECRET TO HAPPINESS, CALL COL.3:12-17.
FOR IDEA OF CHRISTIANITY, CALL 11 COR.5:15-19.
WHEN YOU FEEL DOWN AND OUT, CALLROMANS 8:31.
WHEN YOU WANT PEACE AND REST, CALL MATT.11:25-30.
WHEN THE WORLD SEEMS BIGGER THAN GOD, CALL PSALM 90.
WHEN YOU LEAVE HOME FOR LABOR OR TRAVEL, CALL PSALM 121.
WHEN YOUR PRAYERS GROWTH NARROW AND SELFISH, CALL PSALM 67.
FOR A GREAT INVENTION OR OPPORTUNITY, CALL ISAIAH 55.
WHEN YOU WANT COURAGE FOR A TASK, CALL JOSHUA 1.
HOW TO GET ALONG WITH FELLOW MEN, CALL ROMANS 12.
WHEN YOU THINK OF INVESTMENTS RETURNS, CALL MARK 10.
IF YOUR POCKETBOOK IS EMPTY, CALL PSALM 37.
IF YOU ARE DEPRESSED, CALL PSALM 27.
IIIIIIIIIIII
IIIIIIIIIII
IIIIIIIIIIIII
IIIIIIIIIIIIII






Harapkan perkara-perkara besar dari Allah;
usahakanlah perkara-perkara besar bagi Allah-William Carey

Penaklukan sesungguhnya yang dilakukan oleh Injil adalah melalui kasih
- William Carey

Bila aku meninggal nanti, jangan katakan apa-apa tentang Dr. William Carey,
Tapi beritakanlah tentang Juru Selamat Dr. William Carey
- William Carey

Tuhan itu lebih suka dikasihi daripada dianalisa – John G. Reinhart H.

Tujuan Tuhan memberi tuntunan Roh bukan untuk membuat kita melakukan tindakan yang tepat. Tujuannya adalah untuk membantu kita menjadi orang yang benar.
Setiap prestasi sejati manusia membutuhkan ketekunan. Transformasi rohani tidak akan terjadi tanpa itu.

Iman bukan berarti tidak pernah ragu-ragu atau tidak pernah mempertanyakan.
Iman hanya berarti tetap taat.
Penderitaan itu sendiri tidak menghasilkan ketekunan. Hanya penderitaan yang ditahan dalam iman menghasilkan ketekunan.

Abraham tidak memiliki iman yang sempurna. Ia hanya terus bertahan. Ia menempatkan dirinya di tangan Tuhan. Ia terus berlari walaupun ‘menabrak tembok’

Iman tidak bisa dipertahankan hanya dengan kekuatan kemauan. Kita bisa mempercayai Tuhan karena Ia mengerti bagaimana rasanya berjalan di dalam gelap.

Salah satu pesan Salib adalah Tuhan memilih untuk tidak berdiri terpisah dari penderitaan kita. Ia bukan tidak tergerak oleh kesakitan dan penderitaan kita. Ia memilih untuk menanggung rasa sakit dan penderitaan itu bersama kita.

The true gospel is not about preaching.
The true gospel is about being.

Orang yang terlatih bisa melakukan hal yang benar, pada saat yang benar, dengan cara yang benar, untuk alasan yang benar.
Jika Anda jemu dengan beberapa bentuk ibadah, mungkin Tuhan juga sama jemunya dengan Anda – Frank Laubach

Inilah langkah pertama dalam doa: Anda harus percaya kepada Allah, memusatkan pikiran kepada Allah, merasakan kehadiran Allah, serta menerima Roh
dan kekuatan Allah dalam pikiran dan hati Anda.

Kekristenan tanpa disiplin pemuridan selalu berupa Kekristenan tanpa Kristus.
- Dietrich Bonhoeffer
Kita semua adalah cacing. Tapi saya percaya saya adalah cacing bercahaya.
- Winston Churchil

Teteskanlah embun ketenangan-Mu,
Hingga sirna segala kegelisahan kami;
Angkatlah ketegangan dan tekanan dari jiwa kami,
Dan biarlah hidup kami mengakui
Indahnya damai-Mu.

Tiada satu hari pun
Aku dapat memahami jalanku,
Tetapi satu hal kutahu,
Dia yang memberiku hari,
Akan menunjukkan jalan,
Sehingga aku bisa melaluinya dengan pasti.

“Apapun yang kamu minta dalam nama-Ku, jika itu benar-benar yang kamu inginkan,
dan jika hal tersebut sesuai dengan tujuan dan kehendak Allah yang lebih besar,
meka engkau dan Aku akan mewujudkannya bersama-sama.”

Khawatir? Mengapa mesti khawatir? Apa yang bisa dilakukan kekhawatiran?
Ia tak kuasa mencegah timbulnya masalah.
Ia justru membuat pencernaanmu terganggu dan tidurmu di malam hari terganggu
Ia memenuhi harimu dengan kesuraman, betapapun indah dan terangnya sinar matahari.
Ia membuat dahimu berkerut dan membuat suaramu meninggi
Kita menjadi tak nyaman hidup dengan orang lain ataupun sendiri
Khawatir? Mengapa mesti khawatir? Apa yang bisa dilakukan kekhawatiran?
Ia tak kuasa mencegah timbulnya masalah.

Berdoa? Mengapa mesti berdoa? Apa yang dapat dilakukan doa?
Doa mengubahkan banyak hal, dan memperbarui hidup.
Ia baik untuk pencernaan, dan memberimu tidur yang damai di malam hari
Ia memenuhi hari yang paling kelabu dan suram dengan cahaya yang terang benderang.

Ia membuatmu tersenyum, dan membuat suaramu penuh nada kasih
Membuatmu nyaman hidup dengan orang lain maupun sendiri.
Berdoa? Mengapa mesti berdoa? Apa yang dapat dilakukan doa?
Ia membawa Tuhan turun dari Sorga, untuk hidup dan bekerja bersamamu.


Tanpa Allah, kita tidak bisa; tanpa kita, Allah tidak mau –Augustine.





KETIKA KELIHATANNYA SAYA TELAH GAGAL
Ya Tuhan, apakah Kau mencoba mengatakan sesuatu kepadaku?
Sebab ...
Kegagalan bukan berarti aku orang gagal;
Itu hanya berarti aku belum berhasil.
Kegagalan tidak berarti aku tidak mencapai apa pun;
Itu hanya berarti aku sudah mempelajari sesuatu.
Kegagalan tidak berarti aku orang bodoh;
Itu hanya berarti aku punya cukup keyakinan untuk mencoba.
Kegagalan tidak berarti aku mendapat malu;
Itu hanya berarti aku berani berusaha.
Kegagalan tidak berarti aku tidak memilikinya;
Itu hanya berarti aku harus melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda.
Kegagalan tidak berarti aku rendah;
Itu hanya berarti aku punya alasan untuk memulai lagi.
Kegagalan tidak berarti aku harus menyerah;
Itu hanya berarti aku berusaha lebih keras.
Kegagalan tidak berarti aku tidak akan berhasil;
Itu hanya berarti aku perlu kesabaran lebih banyak.
Kegagalan tidak berarti Kau telah meninggalkanku;
Itu hanya berarti Engkau pasti mempunyai gagasan yang lebih baik, Amin.

“Kalau kehidupan menyepak Anda, kehidupan menyepak Anda ke depan!”
-Misionaris E. Stanley Jones

Berhati-hati sekalilah dengan apa yang menarik hati Anda, sebab itu pasti akan menjadi kenyataan!
“Carilah kebahagiaan hatimu pada TUHAN, Ia akan memuaskan keinginan hatimu” (Mazmur 37:4)



SEMUA TERSERAH KEPADA ANDA!

Kalau Anda berpikir Anda pemenang, Anda akan menang.
Kalau Anda berani melangkah ke luar, Anda akan berhasil.
Percayailah hati Anda, milikilah tujuan untuk memulai.
Bermaksudlah membantu sesama dalam kebutuhannya.

Pemikiran iman harus menggantikan setiap keraguan.
Gunakan kata-kata keberanian dan Anda tidak bisa gagal.
Kalau Anda tersandung dan jatuh, bangunlah dan berdiri setinggi sepuluh kaki
Anda menentukan jalur yang akan Anda layari.

Sebab dalam kehidupan seperti dalam kematian bukankah Anda melihat,
Orang yang tidak takut kepada apa pun itulah
Yang mendekati pintu gerbang, berdiri sesaat dan menunggu,
Merasakan kehadiran Tuhan begitu dekat.

Anda telah diberi kekuatan untuk melihat,
Apa yang diperlukan untuk menjadi manusia sejati.
Biarlah pemikiran Anda murni, itu akan membuat Anda merasa aman.
Kalau Anda menginginkan, Anda tahu bahwa Anda bisa mencapainya.


Ada dua kunci yang menentukan siapa diri kita: siapa diri kita menurut pikiran kita dan siapa orang yang kita ajak bergaul.
-Anonymous


Jika jari-jari lentik radio dapat memetik melodi
Melalui malam, melintasi benua atau samudera;
Jika nada-nada biola
Tertiup melintasi gunung-gemunung dan keramaian kota;
Jika lagu-lagu, bagaikan mawar merah, datang dari ketiadaan ...
Mengapa manusia harus mempertanyakan apakah Allah mendengarkan doa?


Tuhan adalah Gembalaku
Takkan Kekurangan Aku

Gembalaku menjaga dengan kelemah lembutan
Ia memenuhi setiap kebutuhanku
Ia mengajak aku untuk mengikuti-Nya
Kemanapun Ia membimbingku
Dan selama aku mempercayakan diriku kepada Tuhan
Dengan lemah lembut Ia akan menuntun jalanku
Karena Kristus, Gembala yang baik itu
Sangat mengasihiku dan memberikan harapan baru

Ia Membaringkan Aku
di Padang yang Berumput Hijau

Ketika aku membutuhkan waktu
Untuk berhenti sejenak dan istirahat
Gembalaku dengan lemah lembut menggiringku
Ke padang yang berumput hijau
Di tempat perlindungan yang aman tenteram ini
Ia mengalirkan damai sejahtera-Nya ke hatiku
Dan aku mendapatkan kepuasan sejati
Dalam pelukan kasihnya

Ia Membimbing Aku ke Air yang Tenang

Tuhan, aku perlu minum air yang Kauberikan
Sumber kehidupan yang kudus
Mata air yang tak pernah kering
Yang membawa damai bagi segala perbalahanku

Tuhan, bimbinglah aku kepada Air Kehidupan itu
Jauhkanlah aku dari jalan yang sesat
Dan berikanlah ketenangan dalam batinku
Agar aku dapat memenagkan perlombaan



Ia Menyegarkan Jiwaku

Tatkala luka-luka hatiku
Membutuhkan kesembuhan
Dan patah hatiku
Memerlukan pemulihan ...
Dengan lemah lembut Tuhan menjumpaiku
Mengangkat keresahanku
Melenyapkan rasa takutku
Membaharui harapanku
Bagaikan angin segar dari surga
Tuhan menjamah aku ...
Dan aku menjadi sembuh

Ia Menuntun Aku di Jalan yang Benar

Bila pertanyaan-pertanyaan tiada berjawab
Memenuhi hatiku dengan keraguan,
Bila perbagai pilihan mendatangkan kesangsian
Dan nampaknya tiada jalan keluar,
Tuhan memberikan harapan yang pasti ...
Ia akan membimbingku kepada Kebenaran
Dan menuntun aku di jalan yang sempurna
Yang telah Ia rencanakan bagiku.


Sekalipun Aku Berjalan Dalam Lembah Kekelaman

Betapa pun curam gunung itu
Betapa pun dalam lembah itu
Betapa pun kelam jalan itu ...
Aku tahu, aku tidak sendiri
Tuhan menjanjikan kehadiran-Nya
Ia mengenal hatiku
Dan Ia mau meleyapkan rasa takutku
Ke mana pun aku pergi
Aku senantiasa terhibur
Karena Gembalaku membimbing jalanku


Di Hadapan Lawanku

Setiap kali peperangan merebak
Jauh dalam batinku
Dan musuh mencoba mengelabuiku
Untuk menyesatkan arah tujuanku
Teringatlah aku akan Gembalaku yang baik
Yang tidak saja berperang bagiku
Namun merayakan kemenanganku
Sebelum musuh sempat mengusikku

Pialaku Penuh Melimpah

Tuhan gemar memberkati anak-anak-Nya ...
Sepenuhnya, secara cuma-Cuma, dengan setia
Lebih dari apa yang dapat kubayangkan
Berkat-Nya melebihi daya tampungku
Bagi Dia yang memberi dengan limpah
Pemberian-Nya yang baik dan sempurna
Bagi Dia yang mengasihi tanpa syarat ...
Dengan sepenuh hati kupersembahkan
Ucapan syukur dan pujian

Ia Mengurapi Kepalaku dengan Minyak

Tuhan, sembuhkanlah luka-luka hatiku sekarang juga
Bebatlah luka-lukaku dan selanjutnya ...
Penuhilah hatiku dengan rasa syukur
Baharuilah pikiranku
Tuangkan minyak sukacita-Mu
Ke dalam hatiku yang merana ini
Dan berilah aku keyakinan
Bahwa Yesus mengasihiku





Kebajikan dan Kemurahan Belaka Akan Mengikuti Aku

Gembala yang bijaksana dan lemah lembut
Menyambut keberadaanku
Dengan kebajikan dan kemurahan-Nya
Ia menjagaku dengan setia
Di waktu langit cerah atau di waktu hujan
Di gunung atau di lembah
Ia tidak saja berjalan bersamaku
Ia diam bersamaku ...
Sepanjang umur hidupku

Aku Akan Diam dalam Rumah Tuhan Sepanjang Masa

Bila tiba saatnya aku menghadap Tuhan
Dan berkenan memandang wajah-Nya
Di sana takkan kujumpai penderitaan ...
Tak ada penyakit, tak ada lagi tangisan
Tempik sorak kekaguman
Bagi Gembala, Tuhan dan Rajaku
Akan menggelegar di surga
Dan bersama anak-anak Tuhan lainnya
Aku akan menyanyikan
Nyanyian sukacita dan pujian
Di hadapan-Nya sepanjang masa
Persembahanku bagi Gembala
yang penuh kasih
Yang telah membimbing aku
Sepanjang jalan hidupku

Saya tidak mau menjadi orang yang biasa-biasa saja.
Saya berhak menjadi luar biasa, jika saya mampu.
Saya mencari kesempatan, bukan mencari selamat.
Saya tidak berangan-angan menjadi warga negara yang diam, rendah, bebal, dan membiarkan negara mengurus saya.
Saya ingin mengambil risiko yang layak, bermimpi dan membangun, gagal dan berhasil.
Saya lebih memilih hidup yang menantang daripada hidup yang terjamin; hidup yang memuaskan dan bukan hidup yang hampa.
-Dean Alfange

Aku tahu bahwa asetku yang paling berharga untuk keberhasilan belajar adalah : SIKAP POSITIF.


Kemampuan adalah apa yang bisa Anda lakukan.
Motivasi menetapkan apa yang Anda lakukan.
Sikap menentukan sebaik apa Anda melakukannya.
-Lou Holtz

Orang tidak peduli sebanyak apa Anda mengetahui sampai
mereka mengetahui sebanyak apa Anda peduli.
-John Maxwell

Yang benar-benar menjadi persoalan adalah apa yang terjadi di dalam diri kita,
bukan terhadap diri kita!

“Ahh… aku sedang gak mood ‘tuk belajar.”
Yang menyelesaikan pekerjaan bukanlah mood, melainkan tindakan. Jika aku menunggu mood, aku tidak akan pernah mengerjakannya. Dan bila aku tidak belajar sekarang, aku akan mendapat IP jelek.

Tidak ada waktu sebaik sekarang untuk belajar.

Lebih cepat aku selesaikan, lebih cepat aku bisa bersenang-senang
dengan teman-temanku.


Tertawa adalah menantang risiko kelihatan tolol.
Menangis adalah menantang risiko kelihatan cengeng.
Mengulurkan tangan kepada orang lain adalah menantang risiko ikut terlibat.
Menunjukkan perasaan adalah menantang risiko memperlihatkan diriku yang sesungguhnya.
Mendahulukan gagasan dan mimpiku sebelum orang banyak adalah menantang risiko kehilangan hal itu.
Mencintai adalah menantang risiko mendapat balasan cinta.
Hidup adalah menantang risiko mati.
Berharap adalah menantang risiko kecewa
Berusaha adalah menantang risiko gagal.


Apa yang kau lihat? Apa yang sedang kau pikirkan?
Duduk, diam, dan tenanglah…
Jangan pernah berpikir untuk menunda pekerjaanmu.
Karna SEKALI kau berhenti, kau TAK AKAN PERNAH dapat menyelesaikannya.

Saya hanya bisa bahagia kalau memiliki apa yang mereka miliki...
Janganlah merendahkan tempatmu, talentamu, atau suaramu, karena kau tidak bisa memperoleh milik orang lain, dan seandainya pun bisa, itu tidak akan sesuai untukmu.

Kita bukan korban pasif dari pendapat orang lain. Opini mereka tidak mempunyai kekuatan apa-apa sampai kita mengakuinya.

Apa pun yang dapat anda lakukan, atau ingin Anda lakukan, mulailah.
Keberanian memiliki kecerdasan, kekuatan dan keajaiban di dalamnya
-Goethe.

Apa yang Anda pikirkan akan menjadi kenyataan, baik Anda berpikir Anda bisa, atau berpikir Anda tidak bisa –Anda benar.
Berpikirlah seperti seorang juara dan Anda akan menang.

Keahlian memerlukan latihan dan pengulangan. Satu-satunya kegagalan dalam hidup adalah kegagalan untuk mencoba.

Sekedar berusaha keras tidak akan berarti banyak. Kalau Anda serius, Anda harus masuk dalam kehidupan latihan.

Sukses tergantung pada kekuatan kesabaran.
Buah suatu perjuangan panjang
menjadi matang secara tidak kentara.
Itu lebih baik dibandingkan energi yang meletup-letup
dalam suatu usaha impulsif jangka pendek.

Hidup ini banyak pilihan, dan aku bebas memilih, karena itu hakku.
Aku bertanggung jawab atas pilihanku, aku siap menanggung resiko atas pilihanku.
Itu yang membedakan antara insan yang bertanggung jawab dan yang tidak.
Diantara setiap kesulitan, di situ ada kesempatan.
Ketika orang menunggu datangnya kesempatan, aku memilih menciptakannya.
Memang aman perahu berlabuh, tetapi bukan untuk itu perahu diciptakan.
Perahu diciptakan untuk tangguh menerjang ombak, bukan menghindarinya.
Tak seorang pun akan kalah, kecuali menyerah.


“Di dalam kegelapan, ingatlah apa yang pernah Anda pelajari di dalam terang.”
- Joseph Bayly

Jika Anda merasa jauh dari Tuhan, tebak siapa yang menjauh.

Anda hanya diperintah untuk melakukan, bukan mengubahnya. Hanya Allah sajalah yang mempunyai wewenang untuk melakukannya.

Ingatlah dosa-dosa apa saja yang Anda lakukan hari ini, dan semakin bergantunglah kepada Allah untuk memberikan Anda kekuatan mengatasi kelemahan Anda tersebut.


Enam tahapan menggumuli teman hidup:
Berdoa, meyakini, menjalin relasi, menyatakan secara jujur, menggumuli bersama, memberi jawaban ya atau tidak

EVALUASI DOA


Kadang-kadang orang gagal belajar lebih banyak tentang doa karena mereka tidak merenungkan apa yang sebenarnya terjadi ketika mereka berdoa. Ini adalah latihan untuk membantu kita belajar berdoa.
Bayangkan ini seperti yang sering kita lakukan setelah bertemu teman baik. Kita menghabiskan beberapa saat sendirian dan memikirkan waktu-waktu bersamanya. Kita mengingat-ingat saat ketika kita merasa sangat dekat, atau mungkin saat ketika terjadi konflik atau kebingungan. Kita ingat mengatakan sesuatu yang rasanya belum selesai atau perlu diluruskan. Kita bersyukur untuk waktu-waktu yang bisa kita habiskan bersama teman ini.
Beginilah cara yang bisa Anda pakai untuk mengevaluasi doa Anda.
• Sisihkan tiga atau empat menit setelah selesai berdoa untuk merenungkan doa itu. Ini bukan bagian dari doa itu, tapi latihan terpisah.
• Bagaimana awal doa itu? Apakah Anda merasakan kehadiran Tuhan, atau ada perasaan Anda hanya berpikir sendirian?
• Apakah ada bagian dari doa itu yang tampaknya benar-benar “hidup” saat Anda berdoa? Apakah ada saat-saat Anda merasakan keyakinan atau emosi yang kuat, dan jika ya, apakah itu? Apakah tampaknya perasaan itu mendekatkan Anda pada Tuhan, atau justru menjauhkan?
• Kesulitan apa yang Anda temui? Apakah Anda merasa letih, bosan, atau mengalami rintangan lain? Apakah Anda menemukan pikiran Anda melayang, dan jika ya, pada apa? Apa yang sedang Anda doakan ketika hal ini terjadi? Bagaimana respon Anda?
• Apakah Anda merasa dipanggil untuk merespons atau melakukan tindakan tertentu? Jika ya, apakah itu?
• Apa “nada” umum dari doa Anda: hangat dan penuh kasih? sukar atau menyakitkan? gelap? meyakinkan? menyadarkan? kabur?

Tulis hasil evaluasi ini, karena itu bisa membantu Anda belajar dari doa-doa Anda kelak.

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu N1, N2, N3, PM1?

Kumpulan Renungan Pribadi dlm Kitab Mazmur

WASPADAH TERHADAP SIKAP HIDUP AHLI TAURAT